Makalah Penggunaan Zat Aditif dalam Produk Rumah Tangga


BAB I
 PENDAHULUAN
A.Latar belakang
penggunaan zat aditif sudah tak asing lagi bagi masyarakat. Hampir setiap produk makanan dalam kemasan yang dijual di supermarket memakai zat aditif dalam proses pengolahannya. produsen berlomba-lomba membuat produk mereka terlihat menarik dengan menambahkan berbagai jenis zat aditif secara berlebihan, padahal sebenarnya mereka tahu bahwa penggunaan zat aditif secara berlebihan itu dapat menyebabkan masalah yang cukup serius bagi kesehatan konsumen. Selain itu mereka juga telah melanggar peraturan yang di buat pemerintah. Memperhatikan permasalahan di atas, penulis merasa berkewajiban untuk memberitahukan masyarakat mengenai zat aditif.

B.tujuan
  • Meningkatkan kandungan gizi
  • Menjaga kualitas dan tekstur pada makanan
  • Membuat makanan menjadi lebih tahan lama
  • Memberikan warna sehingga terlihat lebih menarik
  • Memberikan cita rasa sedap pada makanan
  • Memberikan aroma yang sedap pada makanan
C.manfaat
. Memperlambat pembusukan





BAB II
PEMBAHASAN
A.PRODUK PENYEDAP
1.BUATAN
Contohnya:
1. masako

dampak penggunaan masako
Kondisi ini bisa menyebabkan munculnya gejala berupa sakit kepala, mati rasa, kemerahan, kesemutan, jantung berdebar, nyeri dada, mual, lemah, letih, dan mengantuk.





2.MSG

Dampak penggunaan MSG
perut mual, sakit kepala, mudah mengantuk, keringat berlebihan, wajah dan leher terasa panas, wajah terasa kaku, jantung berdetak kencang, nyeri dada, kesemutan.
2.RAYCO

Dampak penggunaan royco
-         rasa pusing
-         keluar keringat saat makan
-         detak jantung tidak teratur
B.PRODUK PENGAWET
A.BUATAN:
1.NATRIUM BENZOAT

Dampak penggunaan natrium benzoate
            Meskipun natrium benzoat membantu dalam mencegah pertumbuhan jamur, interaksinya dengan asam askorbat (vitamin C) merupakan menimbulkan kekhawatiran serius. Reaksinya dengan vitamin C menghasilkan benzena yang terkenal karena menyebabkan kanker pada manusia. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa paparan jangka panjang untuk benzena dapat menyebabkan kegagalan sumsum tulang dan leukemia (kanker darah).






C.PRODUK PEWANGI
A.BUATAN:
1.LION BROTHER PERISA PANDAN
                

2.Pewarna pangan kuning telurs



Dampak penggunaan pewarna pangan kuning telur
menyebabkan gangguan fungsi hati atau bahkan bisa menyebabkan timbulnya kanker hati. Kerusakan pada jaringan hati ditandai dengan adanya piknotik (sel yang melakukan pinositosis) dan hiperkromatik dari nukleus, degenerasi lemak dan sitolisis dari sitoplasma.
D.PRODUK PENGENTAL
1.KOMPAS

Dampak penggunaan kompas
mengandung aloksan, zat merugikan untuk tubuh karena bisa menyebabkan diabetes. Zat ini akan menghancurkan sel beta pankreas yang kemudian menaikkan gula darah.



0 Response to "Makalah Penggunaan Zat Aditif dalam Produk Rumah Tangga"

Post a Comment