Bagian utama Penyusun Sel dan Fungsinya

Bagian utama Penyusun Sel dan Fungsinya - Ukuran sel pada setiap makhluk hidup relative sama. Perbedaan tubuh organisme bukan  disebabkan oleh perbedaan ukuran sel . melainkan oleh jumlah sel yang dimiliki oleh individu yang bersangkutan . Berdasarkan jumlahsel yang menyusun tubuh makhluk hidup , maka makhluk hidup dibedakan menjadi dua , yaitu organism uniselluler ( bersel satu ) dan multiseluler ( bersel banyak ) . Berdasarkan keadaan inti sel , maka dibedakan menjadi Sel prokariotik ( sel belum memiliki membrane inti dengan jelas ) dan Sel Eukariotik ( Sel yang sudah memiliki inti dengan jelas )



Sel terdiri dari beberapa bagian utama , berikut adalah Bagian utama penysun sel :
A.Membran Sel
Membran  sel atau membrane plasma merupakan bagian sel yang terluar yang membatasi isi sel dengan lingkungan sekitarnya . membrane sel tersusun atas dua lapisan yaitu laposan fosfolipid dan protein (Lipoprotein ) sehingga struktur membrane disebut lipida bilayer.
Membran sel memiliki sifat semipermiabel dan selektif permiabel . Semipermiabel artinya mudah dilewati oleh molekul air , sedangkan selektif permiabel adalah membrane hanya dapat dilewati oleh ion dan molekul polar tertentu

Fungsi membran sel adalah sebagai Berikut :
1. Pelindung
2. Mengatur pergerakan materi dari dan keluar sel ( Jalur transportasi )
3. Membangkitkan komunikasi dengan sel lain
4. Tempat terjadinya reaksi kimia

B. Nukleus
Intisel merupakan organel yang sangat penting bagi kehidupam . inti sel berperan dalam mengendalikan seluruh aktivitas sel . Inti sel eukariotik memiliki membrane inti . Susunan molekul membrane inti sama dengan susunan membrane sel , yang berupa lipoprotein . di dalam inti sel terdapat :

1. Nukleolus ( Anak inti ) berfungsi mensintesis berbagai macam molekul RNA yang digunakan dalam perakitan ribosom , untuk sintesis protein .
2. Nuklroplasma ( Cairan Inti ) lebih kental dari sitoplasma , merupakan zat yang tersusun atas protein .
3. Butiran kromatin yang terdapat pada nukleoplasma . tampak jelas pada saat se ltidak membelah . pada sel membelah butiran kromatin disebut kromosom . kromosom mengandung DNA yang berfungsi untuk menyampaikan informasi genetic melalui sintsis protein

C. Sitoplasma
Sitoplasma merupakan semua bagian sel kecuali membrane dan nucleus . Sitoplasma bersifat koloid dengan ukuran 0,001-0,1 mikron , bersifat transparan. Koloid sitoplasma mengalami perubahan dari fase sol ke fase gel atau sebaliknya . Fase Sol jika konsentrasi air tinggi dan fase gel jika konstrasi air renda . Pada sitoplasma  terdapat matrik berbahan dasa cairan yang disebut sitosol . dan berbagai organ kecil disebut organel sel .

Fungsi sitoplasma yaitu tempat terjadinya proses glikolisis dan sintesis asam lemak , nukleotida serta asam amino ., serta membantu mebran sel dalam menjalankan fungsinya sebagai jalur transportasi zat

0 Response to "Bagian utama Penyusun Sel dan Fungsinya"

Post a Comment