Biologi Sebagai Ilmu [ RPP dan Materi ]


Materi                                  : Biologi Sebagai Ilmu
Pertemuan ke-                                 : 1 (Satu)
Alokasi waktu                    : 1x 45 Menit
Standar Kompetensi      :
1.       Memahami hakikat biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar           :
1.1. Mengidentifikasi ruang lingkup biologi
1.2. Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada  berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma

Tujuan                                  :
1.       Siswa dapat merumuskan ciri-ciri makhluk hidup
2.       Siswa dapat mendeskripsikan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi  ilmu biologi.
Indikator                             :
1.       Menjelaskan Pengertian Biologi
2.       Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai ilmu
3.       Menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup
4.       Menjelaskan ruang lingkup biologi berdasarkan hasil pengamatan
5.       Menggambar model struktur keilmuan biologi berdasarkan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan
6.       Menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan dari contoh cabang ilmu biologi
Materi Ajar                         :
1.       Buku Kerja Biologi IA,
2.       Buku Biologi SMA Kelas X
3.       Informasi tentang berbagai cabang ilmu biologi dari berbagai sumber, misalnya, koran, majalah, jurnal, buku sumber, dan internet
A.      Pengertian
Biologi adalah ilmu tentang kehidupan. Istilah biologi berasal dari bahasa Yunani yaitu bios (Makhluk Hidup) dan logos (ilmu). Biologi merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam
Ciri-ciri Makhluk hidup :


1.       Bergerak Aktif/Pasif
2.       Peka terhadap rangsang
3.       Memerlukan makan
4.       Bernafas ( Respirasi )
5.       Tumbuh dan berkembang
6.       Berkembangbiak ( Reproduksi )
7.       Adaptasi
8.       Mengeluarkan zat sisa


Apakah Biologi adalah Sebuah Ilmu?
Sebuah pengetahuan bisa menjadi ilmu jika:
1.       Tersusun secara sistematis. Biologi terdiri dari berbagai macam cabang ilmu dan semuanya saling berkaitan satu sama lain. Bahkan beberapa cabang ilmu biologi berkaitan dengan ilmu lain. Biologi meneliti kehidupan mulai dari tingkat sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, dan bahkan sampai biosfer.
2.       Bersifat empiris (berdasarkan pengalaman). Pengalaman yang dimaksud adalah penelitian. Untuk menemukan sebuah teori baru dalam biologi, harus dilakukan dengan penelitian ilmiah. Teori biologi tidak boleh hanya sekedar imajinasi atau filsafat seseorang.
3.       Dapat dibuktikan dengan penelitian ilmiah. Teori-teori dalam ilmu biologi dapat dibuktikan dengan penelitian ilmiah. Seperti anatomi katak dan cara kerja paru-paru.
4.       Memiliki metode. Biologi telah memiliki metodologi yang baku untuk melakukan sebuah penelitian. Metodologi penelitian dalam biologi secara ilmiah dimulai dari merumuskan masalah, observasi, menyusun hipotesis, melakukan eksperimen, analisis data hasil percobaan, dan menarik kesimpulan.
5.       Memiliki objek penelitian. Objek penelitian yang dimaksud contohnya ginjal, sistem pencernaan pada manusia, musang, dll. Segala hal yang akan kita teliti merupakan objek penelitian.
6.       Dapat dikontrol secara kritis oleh siapa saja. Sebuah teori dalam biologi dapat dibantahkan dengan teori baru tetapi harus dibuktikan secara ilmiah. Contohnya adalah teori Generatio Spontenea yang menyatakan bahwa semua makhluk hidup berasal dari benda mati yang terbantahkan oleh teori Biogenesis yang menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk hidup juga.
7.       Universal, berarti sebuah ilmu harus dapat diterima secara umum dan luas tidak memandang daerah, negara, atau kepercayaan. Teori-teori dalam biologi berlaku untuk umum. Siapa saja bisa mempelajari biologi.
Ilmu adalah pengetahuan sistematis yang dapat dibuktikan kebenarannya melalui penelitian ilmiah. Biologi adalah ilmu karena sudah sangat sistematis dan segala teorinya dapat dibuktikan dengan penelitian ilmiah. Untuk mendapatkan sebuah teori baru dalam biologi, kita harus mendapatkannya dari penelitian ilmiah.
B.      Objek Biologi
1.       Semua makhluk hidup baik yang sekarang maupun di masa lampau.
2.       Segala aspek yang berhubungan dengan makhluk hidup dan lingkungan.
Berdasarkan tingkat organisasi kehidupan, objek biologi dari yang terendah sampai yang tertinggi adalah: molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, populasi, komunitas, ekosistem dan bioma.

C.      Ruang Lingkup Biologi /Cabang-cabang Biologi
1.       Biologi molekuler, biokimia, dan genetika. Mengkaji kehidupan pada tingkat molekul.
2.       Sitologi. Mengkaji kehidupan pada tingkat sel.
3.       Histologi. Mengkaji kehidupan pada tingkat jaringan.
4.       Anatomi dan fisiologi. Mengkaji kehidupan pada tingkat organ dan sistem organ.
5.       Virologi. Mengkaji virus.
6.       Botani. Mengkaji tumbuhan.
7.       Zoologi. Mengkaji hewan.
D.      Manfaat Biologi
Biologi sangat bermanfaat baik dalam bidang pertanian dalam usaha peningkatan produksi pangan, bidang peternakan dalam usaha peningkatan produksi hewan-hewan ternak, bidang kedokteran supaya semakin banyak penyakit yang bisa diobati, maupun dalam bidang industri seperti pengguaan mikroorganisme dalam makanan dan obat-obatan.
Metode Pembelajaran
·         Pengamatan-diskusi -Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Mengamati ciri-ciri makhluk hidup.
·        Mengumpulkan informasi dan membuat struktur keilmuan, perkembangan dan prosepk cabang biologi
·        Membuat makalah
·        Menemukan gejala/fenomena yang menjadi objek biologi
·        Tugas mengumpulkan  informasi dan membuat makalah tentang cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya
·     Siswa Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup.
·     Siswa Diskusi menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan pada beberapa cabang ilmu biologi.











Langkah-Langkah Pembelajaran
A.      Kegiatan awal (10 menit)
1.       Membuka pelajaran dengan salam dan menayakan kesiapan siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran/ berdo’a sebelum belajar .
2.       Mengabsensi kehadiran siswa
3.       Menuliskan judul pembelajaran.
4.       Nenuliskan tujuan pembelajaran.
5.       Memberikan apersepsi dengan cara memberikan beberapa pertanyaan, misalnya :
-          Guru menanyakan kepada siswa beberapa benda yang biasa di jumpai oleh siswa.
-          Siswa diminta mengidentifikasi benda yang termasuk makhluk hidup dan benda mati.
B.      Kegiatan inti (30 menit)
1.       Guru menanyakan alasan benda-benda tertentu dianggap sebagai makhluk hidup.
2.       Siswa mengidentifikasi berbagai ciri/sifat makhluk hidup yang dapat teramati
3.       Guru menambahkan beberapa ciri yang tidak dapat teramati.
4.       Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai kelompok makhluk hidup hidup.
5.       Guru bersama dengan siswa mengidentifikasi berbagai tingkat organisasi kehidupan pada objek biologi
6.       Guru mendiskusikan beberapa cabang ilmu biologi beserta perkembangan ilmu dan prospeknya di masa depan.
7.       Guru bersama siswa mendiskusikan manfaat biologi di berbagai bidang kehidupan
C.      Kegiatan akhir (5 menit)
1.       Guru bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi.

2.       Guru menugaskan siswa untuk mengumpulkan informasi dan membuat makalah  tentang satu cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya di masa depan.

0 Response to "Biologi Sebagai Ilmu [ RPP dan Materi ]"

Post a Comment