Biologi Sebagai Ilmu [ RPP dan Materi ]
Materi : Biologi Sebagai Ilmu
Pertemuan ke- :
1 (Satu)
Alokasi waktu :
1x 45 Menit
Standar Kompetensi :
1.
Memahami hakikat biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar :
1.1. Mengidentifikasi
ruang lingkup biologi
1.2. Mendeskripsikan
objek dan permasalahan biologi pada
berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ,
individu, populasi, ekosistem, dan bioma
Tujuan :
1.
Siswa dapat merumuskan ciri-ciri makhluk hidup
2.
Siswa dapat mendeskripsikan objek, permasalahan,
dan tingkat organisasi ilmu biologi.
Indikator :
1.
Menjelaskan Pengertian Biologi
2.
Mendeskripsikan karakteristik Biologi sebagai
ilmu
3.
Menyebutkan ciri-ciri makhluk hidup
4.
Menjelaskan ruang lingkup biologi berdasarkan
hasil pengamatan
5.
Menggambar model struktur keilmuan biologi
berdasarkan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan
6.
Menentukan objek, permasalahan, dan tingkat
organisasi kehidupan dari contoh cabang ilmu biologi
Materi Ajar :
1.
Buku Kerja Biologi IA,
2.
Buku Biologi SMA Kelas X
3.
Informasi tentang berbagai cabang ilmu biologi
dari berbagai sumber, misalnya, koran, majalah, jurnal, buku sumber, dan
internet
A. Pengertian
Biologi adalah
ilmu tentang kehidupan. Istilah biologi berasal dari bahasa Yunani yaitu bios (Makhluk
Hidup) dan logos (ilmu). Biologi merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam
Ciri-ciri Makhluk hidup :
1.
Bergerak Aktif/Pasif
2.
Peka terhadap rangsang
3.
Memerlukan makan
4.
Bernafas ( Respirasi )
5.
Tumbuh dan berkembang
6.
Berkembangbiak ( Reproduksi )
7.
Adaptasi
8.
Mengeluarkan zat sisa
Apakah Biologi adalah Sebuah Ilmu?
Sebuah pengetahuan bisa menjadi
ilmu jika:
1.
Tersusun secara sistematis. Biologi terdiri dari
berbagai macam cabang ilmu dan semuanya saling berkaitan satu sama lain. Bahkan
beberapa cabang ilmu biologi berkaitan dengan ilmu lain. Biologi meneliti
kehidupan mulai dari tingkat sel, jaringan, organ, sistem organ, individu, dan
bahkan sampai biosfer.
2.
Bersifat empiris (berdasarkan pengalaman).
Pengalaman yang dimaksud adalah penelitian. Untuk menemukan sebuah teori baru
dalam biologi, harus dilakukan dengan penelitian ilmiah. Teori biologi tidak
boleh hanya sekedar imajinasi atau filsafat seseorang.
3.
Dapat dibuktikan dengan penelitian ilmiah.
Teori-teori dalam ilmu biologi dapat dibuktikan dengan penelitian ilmiah.
Seperti anatomi katak dan cara kerja paru-paru.
4.
Memiliki metode. Biologi telah memiliki
metodologi yang baku untuk melakukan sebuah penelitian. Metodologi penelitian
dalam biologi secara ilmiah dimulai dari merumuskan masalah, observasi, menyusun
hipotesis, melakukan eksperimen, analisis data hasil percobaan, dan menarik
kesimpulan.
5.
Memiliki objek penelitian. Objek penelitian yang
dimaksud contohnya ginjal, sistem pencernaan pada manusia, musang, dll. Segala
hal yang akan kita teliti merupakan objek penelitian.
6.
Dapat dikontrol secara kritis oleh siapa saja.
Sebuah teori dalam biologi dapat dibantahkan dengan teori baru tetapi harus
dibuktikan secara ilmiah. Contohnya adalah teori Generatio Spontenea yang
menyatakan bahwa semua makhluk hidup berasal dari benda mati yang terbantahkan
oleh teori Biogenesis yang menyatakan bahwa makhluk hidup berasal dari makhluk
hidup juga.
7.
Universal, berarti sebuah ilmu harus dapat
diterima secara umum dan luas tidak memandang daerah, negara, atau kepercayaan.
Teori-teori dalam biologi berlaku untuk umum. Siapa saja bisa mempelajari
biologi.
Ilmu adalah
pengetahuan sistematis yang dapat dibuktikan kebenarannya melalui penelitian
ilmiah. Biologi adalah ilmu karena sudah sangat sistematis dan segala teorinya
dapat dibuktikan dengan penelitian ilmiah. Untuk mendapatkan sebuah teori baru
dalam biologi, kita harus mendapatkannya dari penelitian ilmiah.
B. Objek Biologi
1. Semua
makhluk hidup baik yang sekarang maupun di masa lampau.
2. Segala
aspek yang berhubungan dengan makhluk hidup dan lingkungan.
Berdasarkan
tingkat organisasi kehidupan, objek biologi dari yang terendah sampai yang
tertinggi adalah: molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu,
populasi, komunitas, ekosistem dan bioma.
C. Ruang Lingkup Biologi /Cabang-cabang
Biologi
1. Biologi
molekuler, biokimia, dan genetika. Mengkaji kehidupan pada tingkat molekul.
2. Sitologi.
Mengkaji kehidupan pada tingkat sel.
3. Histologi.
Mengkaji kehidupan pada tingkat jaringan.
4. Anatomi
dan fisiologi. Mengkaji kehidupan pada tingkat organ dan sistem organ.
5. Virologi.
Mengkaji virus.
6. Botani.
Mengkaji tumbuhan.
7. Zoologi.
Mengkaji hewan.
D. Manfaat Biologi
Biologi sangat
bermanfaat baik dalam bidang pertanian dalam usaha peningkatan produksi pangan,
bidang peternakan dalam usaha peningkatan produksi hewan-hewan ternak, bidang
kedokteran supaya semakin banyak penyakit yang bisa diobati, maupun dalam
bidang industri seperti pengguaan mikroorganisme dalam makanan dan obat-obatan.
Metode Pembelajaran
·
Pengamatan-diskusi
-Penugasan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengamati
ciri-ciri makhluk hidup.
·
Mengumpulkan
informasi dan membuat struktur keilmuan, perkembangan dan prosepk cabang
biologi
·
Membuat
makalah
|
·
Menemukan
gejala/fenomena yang menjadi objek biologi
·
Tugas
mengumpulkan informasi dan membuat
makalah tentang cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya
|
·
Siswa
Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup.
·
Siswa
Diskusi menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan pada
beberapa cabang ilmu biologi.
|
Langkah-Langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan
awal (10 menit)
1.
Membuka pelajaran dengan salam dan menayakan kesiapan siswa
untuk mengikuti kegiatan pembelajaran/ berdo’a sebelum belajar .
2.
Mengabsensi kehadiran siswa
3.
Menuliskan judul pembelajaran.
4.
Nenuliskan tujuan pembelajaran.
5.
Memberikan apersepsi dengan cara memberikan beberapa pertanyaan,
misalnya :
-
Guru
menanyakan kepada siswa beberapa benda yang biasa di jumpai oleh siswa.
-
Siswa
diminta mengidentifikasi benda yang termasuk makhluk hidup dan benda mati.
B.
Kegiatan
inti (30 menit)
1.
Guru
menanyakan alasan benda-benda tertentu dianggap sebagai makhluk hidup.
2.
Siswa
mengidentifikasi berbagai ciri/sifat makhluk hidup yang dapat teramati
3.
Guru
menambahkan beberapa ciri yang tidak dapat teramati.
4.
Guru
bersama siswa mengidentifikasi berbagai kelompok makhluk hidup hidup.
5.
Guru
bersama dengan siswa mengidentifikasi berbagai tingkat organisasi kehidupan
pada objek biologi
6.
Guru
mendiskusikan beberapa cabang ilmu biologi beserta perkembangan ilmu dan
prospeknya di masa depan.
7.
Guru
bersama siswa mendiskusikan manfaat biologi di berbagai bidang kehidupan
C.
Kegiatan
akhir (5 menit)
1.
Guru
bersama siswa menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi.
2.
Guru
menugaskan siswa untuk mengumpulkan informasi dan membuat makalah tentang satu cabang ilmu biologi,
perkembangan, dan prospeknya di masa depan.
0 Response to "Biologi Sebagai Ilmu [ RPP dan Materi ]"
Post a Comment