RPP Kelas VII Materi Objek IPA dan Pengamatannya

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan  :  
Mata Pelajaran         :   IPA
Kelas/Semester        :   VII/Ganjil
BAB 1                        :   Objek IPA dan Pengamatannya
Tahun Pelajaran      :  
Alokasi Waktu          :  15 JP (6 Pertemuan)

A.   Kompetensi Inti:
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1  Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran  yang ada pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar serta pentingnya penggunaan satuan standar (baku) dalam pengukuran.
3.1.1     Menjelaskan 3 keterampilan proses penyelidikan IPA
3.1.2     Menjelaskan Kegunaan mempelajari IPA
3.1.3     Meyebutkan objek yang di pelajari IPA
3.1.4     Menjelaskan pengertian pengukuran
3.1.5     Menyebutkan hal yang dapat di ukur (bukan besaran)
3.1.6     Membandingkan satuan baku dan tidak baku
3.1.7     Memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran
3.1.8     Mengkonversi satuan dalam SI (Sistem Internasional)
3.1.9     Menjelaskan pengertian besaran pokok
3.1.10 Menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuanya
3.1.11 Menjelaskan pengertian besaran turunan
3.1.12 Menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuanya

4.1  Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku
4.1.1      Menyajikan hasil pengatamatan, inferensi, dan mengkomunikasikan hasil
4.1.2      Melakukan pengukuran dengan satuan baku
4.1.3      Melakukan pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari
4.1.4      Melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari

Tujuan Pembelajaran :
·           Peserta Didik dapat menjelaskan tiga komponen keterampilan proses/metode ilmiah penyelidikan IPA (pengamatan, inferensi, dan komunikasi) berdasarkan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan.
·           Peserta Didik dapat menjelaskan kegunaan mempelajari IPA.
·           Peserta Didik dapat menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA.
·           Peserta Didik dapat menjelaskan pengertian pengukuran.
·           Peserta Didik dapat menyebutkan hal yang dapat diukur (besaran) dan tidak dapat diukur (bukan besaran).
·           Peserta Didik dapat membandingkan satuan baku dan tidak baku.
·           Peserta Didik dapat memahami kegunaan satuan baku dalam pengukuran.
·           Peserta Didik dapat mengkonversi satuan dalam SI (Sistem Internasional).
·           Peserta Didik dapat menjelaskan pengertian besaran pokok.
·           Peserta Didik dapat menyebutkan macam-macam besaran pokok beserta satuannya.
·           Peserta Didik dapat menjelaskan pengertian besaran turunan.
·           Peserta Didik dapat menyebutkan macam-macam besaran turunan beserta satuannya.
·           Peserta Didik dapat menyajikan hasil pengamatan, inferensi,dan mengomunikasikan hasil melalui kegiatan “Mengamati Temanmu” dan “Kerja dalam IPA”.
·           Peserta Didik melakukan pengukuran dengan satuan tidak baku.
·           Peserta Didik melakukan pengukuran besaran-besaran panjang, massa, waktu dengan alat ukur yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
·           Peserta Didik dapat melakukan pengukuran besaran-besaran turunan sederhana yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

C.   Materi Pembelajaran

1.    Materi pembelajaran regular
Ø           Penyelidikan IPA
Ø           Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
Ø           Kegunaan Mempelajari IPA
Ø           Objek yang Di pelajari dalam IPA
Ø           Pengukuran
Ø           Pengertian pengukuran
Ø           Besaran dan bukan besaran
Ø           Satuan baku dan satuan tidak baku
Ø           Pengukuran dengan satuan tidak baku
Ø           Kegunaan satuan baku dalam pengukuran
Ø           Konversi dalan satua SI
Ø           Besaran pokok
Ø           Pengertian besaran pokok
Ø           Macam-macam besaran pokok beserta satuanya
Ø           Pengukuran besaran turunan
        Besaran turunan
o    Pengertian BesaranTurunan
o    Macam-Macam BesaranTurunanBesertaSatuannya
o    PengukuranBesaranTurunan
Ø           Ulangan harian
Ø           Pengayaan dan remedial

2.    Materi pembelajaran remedial
Ø           Penyelidikan IPA
Ø           Pengukuran dengan satuan tidak baku

3.    Materi pembelajaran pengayaan
Ø           Melakukan tugas kelompok untuk melakukan tugas pengamatan dengan objek yang di tentukan
Ø           Melakukan pengatamatan dengan objek yang berada di sekitar dan melakukan pengukuran dengan objek tersebut kemudian mendeskripsikanya

D.   Langkah-langkahPembelajaran

1. Pertemuan Ke-1 ( 3 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v       Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v       Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v       Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kelas VI
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø       Penyelidikan IPA
-          Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
-          Kegunaan Mempelajari IPA
-          Objek yang Di pelajari dalam IPA
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Ø       Penyelidikan IPA
-          Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
-          Kegunaan Mempelajari IPA
-          Objek yang Di pelajari dalam IPA
dengan cara :

v       Melihat (tanpa atau dengan alat)/Menayangkan gambar/foto tentang 
Ø       Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar di bawah ini :
v       Mengamati
Ø       Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru seperti gambar di bawah ini :
Ø       Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yangingin diketahui..
v       Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø       Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
Ø       Penyelidikan IPA
-          Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
-          Kegunaan Mempelajari IPA
-          Objek yang Di pelajari dalam IPA
v       Mendengar
Ø       Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
Ø       Penyelidikan IPA
-          Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
-          Kegunaan Mempelajari IPA
-          Objek yang Di pelajari dalam IPA
v       Menyimak,
Ø       Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
Ø       Penyelidikan IPA
-          Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
-          Kegunaan Mempelajari IPA
-          Objek yang Di pelajari dalam IPA
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v       Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø        Penyelidikan IPA
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Ø       Apa yang dimaksud penyelidikan IPA?
Ø       Seperti apa objek yang di pelajari dalam IPA ?
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v       Mengamati obyek/kejadian,
v       Wawancara dengan nara sumber
v       Mengumpulkan informasi
Ø       Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
·         Penyelidikan IPA
-          Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
-          Kegunaan Mempelajari IPA
-          Objek yang Di pelajari dalam IPA
v       Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø       Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
·         Penyelidikan IPA
-          Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
-          Kegunaan Mempelajari IPA
-          Objek yang Di pelajari dalam IPA
v       Mempresentasikan ulang
v       Aktivitas :
Ø       Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa
v       Mendiskusikan
v       Mengulang
v       Saling tukar informasi tentang  :
·         Penyelidikan IPA
-          Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
-          Kegunaan Mempelajari IPA
-          Objek yang Di pelajari dalam IPA
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v       Berdiskusi tentang data :
Penyelidikan IPA
-          Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
-          Kegunaan Mempelajari IPA
-          Objek yang Di pelajari dalam IPA
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v       Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v       Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai
·         Penyelidikan IPA
-          Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
-          Kegunaan Mempelajari IPA
-          Objek yang Di pelajari dalam IPA
Verification
(pembuktian)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v       Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
·         Penyelidikan IPA
-          Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
-          Kegunaan Mempelajari IPA
-          Objek yang Di pelajari dalam IPA
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v       Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v       Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Penyelidikan IPA
-          Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
-          Kegunaan Mempelajari IPA
-          Objek yang Di pelajari dalam IPA
v       Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v       Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v       Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang :
Penyelidikan IPA
-          Metode Ilmiah dalam Penyelidakan IPA
-          Kegunaan Mempelajari IPA
-          Objek yang Di pelajari dalam IPA
v       Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v       Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v       Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
90
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume  (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

15
menit

2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v       Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v       Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v       Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,  Pengertian  Penyelidikan IPA
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø       Pengukuran
-          Pengertian pengukuran
-          Besaran dan bukan besaran
-          Satuan baku dan satuan tidak baku
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Ø       Pengukuran
-          Pengertian pengukuran
-          Besaran dan bukan besaran
-          Satuan baku dan satuan tidak baku
dengan cara :

v       Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang 
Ø       Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar dibawah


v       Mengamati
Ø       Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru seperti gambar dibawah ini :
Ø       Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yangingin diketahui..
v       Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø       Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
·         pengukuran
-          Pengertian pengukuran
-          Besaran dan bukan besaran
-          Satuan baku dan satuan tidak baku
v       Mendengar
Ø       Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
·         Pengukuran
-          Pengertian pengukuran
-          Besaran dan bukan besaran
-          Satuan baku dan satuan tidak baku
v       Menyimak,
Ø       Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
·         Pengukuran
-          Pengertian pengukuran
-          Besaran dan bukan besaran
-          Satuan baku dan satuan tidak baku
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v       Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø        Pengukuran
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Ø       Apa yang dimaksud dengan  Pengukuran?
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v       Mengamati obyek/kejadian,
v       Wawancara dengan nara sumber
v       Mengumpulkan informasi
Ø       Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
·         Pengukuran
-          Pengertian pengukuran
-          Besaran dan bukan besaran
-          Satuan baku dan satuan tidak baku
COLLABORATION (KERJASAMA)
v       Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø       Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
·         Pengukuran
-          Pengertian pengukuran
-          Besaran dan bukan besaran
-          Satuan baku dan satuan tidak baku
v       Mempresentasikan ulang
v       Aktivitas :
v       Mendiskusikan
v       Mengulang
v       Saling tukar informasi tentang  :
·          Pengukuran
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v       Berdiskusi tentang data :
·         Pengukuran
-          Pengertian pengukuran
-          Besaran dan bukan besaran
-          Satuan baku dan satuan tidak baku
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v       Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v       Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai
·         Pengukuran
-          Pengertian pengukuran
-          Besaran dan bukan besaran
-          Satuan baku dan satuan tidak baku
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v       Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
·         Pengukuran
-          Pengertian pengukuran
-          Besaran dan bukan besaran
-          Satuan baku dan satuan tidak baku
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v       Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v       Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
·         Pengukuran
-          Pengertian pengukuran
-          Besaran dan bukan besaran
-          Satuan baku dan satuan tidak baku
v       Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v       Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v       Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
·         Pengukuran
-          Pengertian pengukuran
-          Besaran dan bukan besaran
-          Satuan baku dan satuan tidak baku
v       Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v       Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v       Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume  (CREATIVITY)  dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit


3. Pertemuan Ke-3 ( 3 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v       Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v       Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v       Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, Pengukuran
-          Pengukuran dengan satuan tidak baku
-          Kegunaan satuan baku dalam pengukuran
-          Konversi dalan satua SI
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø       Pengukuran
-          Pengukuran dengan satuan tidak baku
-          Kegunaan satuan baku dalam pengukuran
-          Konversi dalan satua SI
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.

Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Ø       Pengukuran
-          Pengukuran dengan satuan tidak baku
-          Kegunaan satuan baku dalam pengukuran
-          Konversi dalan satua SI
dengan cara :
v       Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang 
Ø       Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar dibawah
v       Mengamati
Ø       Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru seperti gambar dibawah ini :
Ø       Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yangingin diketahui..
v       Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø       Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan  Letak Indonesia

v       Mendengar
Ø       Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan kondisi
Ø       Pengukuran
-          Pengukuran dengan satuan tidak baku
-          Kegunaan satuan baku dalam pengukuran
-          Konversi dalan satua SI
v       Menyimak,
Ø       Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
·         Pengukuran
-          Pengukuran dengan satuan tidak baku
-          Kegunaan satuan baku dalam pengukuran
-          Konversi dalan satua SI

Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v       Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø       Pengukuran
-          Pengukuran dengan satuan tidak baku
-          Kegunaan satuan baku dalam pengukuran
-          Konversi dalan satua SI

yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Ø       Alat apa saja untuk mengukur satuan baku dan tidak baku?
Ø       Apa fungsi kegunaan satuan baku dalam pengukuran?
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v       Mengamati obyek/kejadian,
v       Wawancara dengan nara sumber
v       Mengumpulkan informasi
Ø       Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
·         Pengukuran
-          Pengukuran dengan satuan tidak baku
-          Kegunaan satuan baku dalam pengukuran
-          Konversi dalan satua SI
v       Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø       Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
·         Pengukuran
-          Pengukuran dengan satuan tidak baku
-          Kegunaan satuan baku dalam pengukuran
-          Konversi dalan satua SI
v       Mempresentasikan ulang
v       Aktivitas :
Ø       Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini
COLLABORATION (KERJASAMA)
v       Mendiskusikan
v       Mengulang
v       Saling tukar informasi tentang  :
Ø         Pengukuran
-          Pengukuran dengan satuan tidak baku
-          Kegunaan satuan baku dalam pengukuran
-          Konversi dalan satua SI
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v       Berdiskusi tentang data :
Ø         Pengukuran
-          Pengukuran dengan satuan tidak baku
-          Kegunaan satuan baku dalam pengukuran
-          Konversi dalan satua SI
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v       Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v       Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø         Pengukuran
-          Pengukuran dengan satuan tidak baku
-          Kegunaan satuan baku dalam pengukuran
-          Konversi dalan satua SI
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v       Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø         Pengukuran
-          Pengukuran dengan satuan tidak baku
-          Kegunaan satuan baku dalam pengukuran
-          Konversi dalan satua SI
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v       Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v       Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø         Pengukuran
-          Pengukuran dengan satuan tidak baku
-          Kegunaan satuan baku dalam pengukuran
-          Konversi dalan satua SI
v       Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v       Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v       Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø         Pengukuran
-          Pengukuran dengan satuan tidak baku
-          Kegunaan satuan baku dalam pengukuran
-          Konversi dalan satua SI
v       Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v       Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v       Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
90
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume  (CREATIVITY)  dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

15
menit





4. Pertemuan Ke-4 ( 2 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v       Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v       Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v       Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
Ø       Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya Pengukuran
-          Pengukuran dengan satuan tidak baku
-          Kegunaan satuan baku dalam pengukuran
-          Konversi dalan satua SI
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø       Besaran pokok
-          Pengertian besaran pokok
-          Macam-macam besaran pokok beserta satuanya
-          Pengukuran besaran turunan
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

10
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Ø       Besaran pokok
-          Pengertian besaran pokok
-          Macam-macam besaran pokok beserta satuanya
-          Pengukuran besaran turunan
dengan cara :
v       Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang 
Ø       Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar dibawah
v       Mengamati
Ø       Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru seperti gambar dibawah ini
Ø       Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yangingin diketahui..
v       Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø       Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan  Besaran pokok
-          Pengertian besaran pokok
-          Macam-macam besaran pokok beserta satuanya
-          Pengukuran besaran turunan
v       Mendengar
Ø       Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan kondisi
·      Besaran pokok
-           Pengertian besaran pokok
-          Macam-macam besaran pokok beserta satuanya
-          Pengukuran besaran turunan
v       Menyimak,
Ø       Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
·      Besaran pokok
-          Pengertian besaran pokok
-          Macam-macam besaran pokok beserta satuanya
-          Pengukuran besaran turunan
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v       Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø       Besaran pokok
-          Pengertian besaran pokok
-          Macam-macam besaran pokok beserta satuanya
-          Pengukuran besaran turunan
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Ø       Ada saja macam-macam besaran pokok beserta satuanya?
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v       Mengamati obyek/kejadian,
v       Wawancara dengan nara sumber
v       Mengumpulkan informasi
Ø       Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
Ø       Besaran pokok
-          Pengertian besaran pokok
-          Macam-macam besaran pokok beserta satuanya
-          Pengukuran besaran turunan
v       Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø       Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
Ø       Besaran pokok
-          Pengertian besaran pokok
-          Macam-macam besaran pokok beserta satuanya
-          Pengukuran besaran turunan
v       Mempresentasikan ulang

COLLABORATION (KERJASAMA)
v       Aktivitas :
Ø       Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini
v       Mendiskusikan
v       Mengulang
v       Saling tukar informasi tentang  :
Ø       Besaran pokok
-          Pengertian besaran pokok
-          Macam-macam besaran pokok beserta satuanya
-          Pengukuran besaran turunan
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v       Berdiskusi tentang data :
Ø       Besaran pokok
-          Pengertian besaran pokok
-          Macam-macam besaran pokok beserta satuanya
-          Pengukuran besaran turunan
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v       Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v       Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai :
Ø       Besaran pokok
-          Pengertian besaran pokok
-          Macam-macam besaran pokok beserta satuanya
-          Pengukuran besaran turunan
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v       Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø       Besaran pokok
-          Pengertian besaran pokok
-          Macam-macam besaran pokok beserta satuanya
-          Pengukuran besaran turunan
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v       Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v       Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø       Besaran pokok
-          Pengertian besaran pokok
-          Macam-macam besaran pokok beserta satuanya
-          Pengukuran besaran turunan
v       Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v       Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v       Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø       Besaran pokok
-          Pengertian besaran pokok
-          Macam-macam besaran pokok beserta satuanya
-          Pengukuran besaran turunan
v       Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v       Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v       Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)




Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

10
menit

5. Pertemuan Ke-5 ( 3 x 40 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v       Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v       Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v       Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
Ø       Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
Besaran pokok
-          Pengertian besaran pokok
-          Macam-macam besaran pokok beserta satuanya
-          Pengukuran besaran turunan
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
Ø       Besaran turunan
-    Pengertian BesaranTurunan
-    Macam-Macam BesaranTurunanBesertaSatuannya
-          PengukuranBesaranTurunan
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
  • Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
  • Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
  • Pembagian kelompok belajar
  • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Ø       Besaran turunan
-    Pengertian BesaranTurunan
-    Macam-Macam BesaranTurunanBesertaSatuannya
-          PengukuranBesaranTurunan
dengan cara :
v       Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto tentang 
Ø       Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar dibawah
v       Mengamati
Ø       Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru seperti gambar dibawah ini :






Contoh-Contoh Besaran Turunan



Besaran

Lambang

Satuan
Lambang
Satuan
Luas Volume Kecepatan Percepatan
Konsentrasi
A V v a
M
Meterpersegi Meterkubik Meterpersekon
Meterpersekonkuadrat
Molaritas
m2 m3 m/s m/s2
m=mol/m3


Ø       Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yangingin diketahui..
v       Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø       Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan :
Besaran turunan
-    Pengertian BesaranTurunan
-    Macam-Macam BesaranTurunanBesertaSatuannya
-          PengukuranBesaranTurunan
v       Mendengar
Ø       Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan :
Besaran turunan
-    Pengertian BesaranTurunan
-    Macam-Macam BesaranTurunanBesertaSatuannya
-          Pengukuran besaran turunan
v       Menyimak,
Ø       Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
Besaran turunan
-    Pengertian BesaranTurunan
-    Macam-Macam BesaranTurunanBesertaSatuannya
-          Pengukuran besaran turunan
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v       Mengajukan pertanyaan tentang :
Ø       Besaran turunan
-    Pengertian BesaranTurunan
-    Macam-Macam BesaranTurunanBesertaSatuannya
-          PengukuranBesaranTurunan
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Ø       Apayang di maksud besaran turunan?
Apa saja macam-macam besaran turunan?
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v       Mengamati obyek/kejadian,
v       Wawancara dengan nara sumber
v       Mengumpulkan informasi
Ø       Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
·         Besaran turunan
-          Pengertian BesaranTurunan
-    Macam-Macam BesaranTurunanBesertaSatuannya
-          PengukuranBesaranTurunan
v       Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø       Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
·         Besaran turunan
-          Pengertian BesaranTurunan
-    Macam-Macam BesaranTurunanBesertaSatuannya
-          PengukuranBesaranTurunan
v       Mempresentasikan ulang
v       Aktivitas

COLLABORATION (KERJASAMA)
v       Mendiskusikan
v       Mengulang
v       Saling tukar informasi tentang  :
Ø       Besaran turunan
-          Pengertian BesaranTurunan
-    Macam-Macam BesaranTurunanBesertaSatuannya
-          PengukuranBesaranTurunan
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v       Berdiskusi tentang data :
Ø       Besaran turunan
-          Pengertian BesaranTurunan
-    Macam-Macam BesaranTurunanBesertaSatuannya
-          PengukuranBesaranTurunan
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v       Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v       Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai
Ø       Besaran turunan
-          Pengertian BesaranTurunan
-    Macam-Macam BesaranTurunanBesertaSatuannya
-          PengukuranBesaranTurunan
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v       Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Ø       Besaran turunan
-          Pengertian BesaranTurunan
-    Macam-Macam BesaranTurunanBesertaSatuannya
-          PengukuranBesaranTurunan
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v       Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v       Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :
Ø       Besaran turunan
-          Pengertian BesaranTurunan
-    Macam-Macam BesaranTurunanBesertaSatuannya
-          PengukuranBesaranTurunan
Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v       Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v       Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Ø       Besaran turunan
-          Pengertian BesaranTurunan
-    Macam-Macam BesaranTurunanBesertaSatuannya
-          PengukuranBesaranTurunan
v       Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v       Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v       Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
90
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume  ( CREATIVITY)  dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

15
menit

E.    Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan  
1.    Teknik Penilaian
a.    Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)    Tes Tertulis
a)    Pilihan ganda
b)    Uraian/esai
2)    Tes Lisan
©       Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b.    Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)    Proyek, pengamatan, wawancara’
©       Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
©       Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
2)    Portofolio / unjuk kerja
3)    Produk,
2.    Instrumen Penilaian
a.    Pertemuan Pertama (Terlampir)
b.    Pertemuan Kedua (Terlampir)
c.    Pertemuan Ketiga (Terlampir)
d.    Pertemuan Keempat (Terlampir)
e.    Pertemuan Kelima (Terlampir)

3.    Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.    Remedial
v       Remidial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v       Guru memberi semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.

b.    Pengayaan
v       Pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau mencapai Kompetensi Dasar.
v       Pengayaan dapat ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v       Direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih luas misalnya

F.    Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
Ø       Media :
©       Worksheet atau lembar kerja (siswa)
©       Lembar penilaian
©       Laboratorium komputer sekolah atau warnet
©       Perpustakaan sekolah
Ø       Alat/Bahan :
©       Penggaris, spidol, papan tulis
©       Laptop & infocus
©       Slde presentasi (ppt)
Ø       Sumber Belajar:
©       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
©       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.






                                                                                                   ……………, .........................

Mengetahui
Kepala ................................                               Guru Mata Pelajaran




……………………………………                       …………………………………….
NIP/NRK.                                                           NIP/NRK.


0 Response to "RPP Kelas VII Materi Objek IPA dan Pengamatannya"

Post a Comment