Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Semester :
VII/Ganjil
BAB 2 : Klasifikasi Makhluk Hidup
Tahun Pelajaran :
Alokasi Waktu :
15 JP (5Pertemuan)
A.
Kompetensi Inti:
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.2 Mengklasififikasi
makhluk Hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
|
3.2.1 Menyajikan hasil pengamatan,
mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya.
3.2.2 Menjelaskan benda-benda
di sekitar yang bersifat alamiah.
3.2.3 Menjelaskan benda-benda
di sekitar yang bersifat buatan manusia.
3.2.4 Menjelaskan benda-benda
yang bersifat kompleks dan bersifat sederhana.
3.2.5 Menjelaskan kegunaan
dari berbagai jenis benda di sekitar.
3.2.6 Melakukan pengamatan terhadap
makhluk hidup dan benda tak hidup.
3.2.7 Menjelaskan ciri-ciri makhluk
hidup.
3.2.8 Menjelaskan perbedaan
makhluk hidup dengan benda tak hidup.
3.2.9 Melakukan pengamatan terhadap
berbagai makhluk hidup di sekitarnya.
3.2.10 Menjelaskan ciri-ciri mahkluk
hidup di sekitarnya.
3.2.11 Mengelompokkan makhluk
hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
|
Tujuan Pembelajaran :
Ø
Peserta Didik dapat menyajikan hasil
pengamatan, mengidentifikasi, dan mengomunikasikan hasil observasinya.
Ø
Peserta Didik dapat menjelaskan
benda-benda di sekitar yang bersifat
alamiah.
Ø
Peserta Didik dapat menjelaskan
benda- benda di sekitar yang bersifat buatan manusia.
Ø
Peserta Didik dapat menjelaskan
benda-benda yang bersifat kompleks dan bersifat sederhana
Ø
Peserta Didik dapat menjelaskan
kegunaan dari berbagai jenis benda di sekitar.
Ø
Peserta Didik dapat melakukan
pengamatan terhadap makhluk hidup dan benda tak hidup.
Ø
Peserta Didik dapat menjelaskan
ciri-ciri makhluk hidup.
Ø
Peserta Didik dapat menjelaskan
perbedaan makhluk hidup dengan benda tak
hidup.
Ø
Peserta Didik dapat melakukan
pengamatan terhadap berbagai makhluk hidup di sekitarnya.
Ø
Peserta Didik dapat menjelaskan
cirri-ciri mahkluk hidup di sekitarnya.
Ø
Peserta Didik dapat mengelompokkan
makhluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi.
C.
Materi
Pembelajaran
1.
Materi pembelajaran regular
Ø
Mengidentifikasi benda-benda di
sekitar
Ø
Membedakan mahluk hidup dan tak hidup
Ø
Mengelompakan mahluk hidup
berdasarkan prinsip klasifikasi
Ø
Pembelajaran remedial dan pengayaan
2.
Materi pembelajaran remedial
Ø Mengelompakan
mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi
3.
Materi pembelajaran pengayaan
Ø
Mengelompokkanjenistamanantersebutberdasarkan
tingkat kekerabatan.
D.
Langkah-langkahPembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya,
Ø
Besaran turunan
-
Pengertian BesaranTurunan
- Macam-Macam
BesaranTurunanBesertaSatuannya
-
PengukuranBesaranTurunan
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang
akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang: Mengidentifikasibenda-benda di sekitar
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator,
dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
: Mengidentifikasibenda-benda di
sekitardengan cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan alat)/Menayangkan gambar/foto tentang
Ø Peserta didik
diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun
mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar di bawah ini
:
v Mengamati
Ø Peserta didik
diminta mengamati gambar /foto yang
yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh
guru seperti gambar di bawah ini :
Ø Berdasarkan hasil
pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui..
v
Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik
diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan : Mengidentifikasi benda-bendadi
sekitar
v Mendengar
Ø Peserta didik
diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
:Mengidentifikasi benda-bendadi sekitar
v
Menyimak,
Ø Peserta didik
diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global
tentang materi pelajaran mengenai :
Mengidentifikasi benda-bendadi sekitar
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang : Mengidentifikasi
benda-bendadi sekitar
yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa
yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Bagaimana cara Mengidentifikasi benda-bendadi sekitar?
Ø Seperti apa objek
yang di pelajari untuk
Mengidentifikasi benda-bendadi sekitar ?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
Ø Peserta didik
diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
: Mengidentifikasi benda-bendadi
sekitar
v Membaca sumber lain selain buku
teks,
Ø Peserta didik
diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang
: Mengidentifikasi benda-bendadi
sekitar
v Mempresentasikan ulang
v Aktivitas :
Ø Peserta didik
melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang
:Mengidentifikasi benda-benda di sekitar
dengan ditanggapi aktif oleh peserta
didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang
dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada
lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap
teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v
Berdiskusi tentang data : Mengidentifikasi benda-bendadi sekitar
yang sudah dikumpulkan / terangkum
dalam kegiatan sebelumnya.
v
Mengolah
informasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v
Pesertadidik mengerjakan beberapa soal
mengenai : Mengidentifikasi benda-bendadi sekitar
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Mengidentifikasi benda-bendadi sekitar
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Mengidentifikasi
benda-bendadi sekitar
v
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v
Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang : Mengidentifikasi benda-bendadi
sekitar
v
Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung
diperiksa. Peserta didik yang
selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk
penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik
|
10
menit
|
2. Pertemuan Ke-2 ( 3 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
·
Mengaitkan materi/tema/kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan
materi/tema/kegiatan sebelumnya,Membedakan mahluk hidup dan tak
hidup
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang
akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang: Membedakan mahluk hidup dan tak hidup
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator,
dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta
didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic
Membedakan mahluk hidup dan tak
hidupdengan cara :
v Melihat (tanpa
atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto
tentang
Ø Peserta didik
diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun
mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar dibawah
v Mengamati
Ø Peserta didik
diminta mengamati gambar /foto yang
yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh
guru seperti gambar dibawah ini :
Ø Berdasarkan hasil
pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui..
v
Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik
diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan Membedakan mahluk hidup dan tak
hidup
v Mendengar
Ø Peserta didik
diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
Membedakan mahluk hidup dan tak hidup
v
Menyimak,
Ø Peserta didik
diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global
tentang materi pelajaran mengenai :
Membedakan mahluk hidup dan tak hidup
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :Membedakan mahluk
hidup dan tak hidup
yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa
yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Apa yang dimaksud
dengan Membedakan mahluk hidup dan tak hidup?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
Ø Peserta didik
diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang :
Membedakan mahluk hidup dan tak hidup
v Membaca sumber lain selain buku
teks,
Ø Peserta didik
diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang :
Membedakan mahluk hidup dan tak hidup
v Mempresentasikan ulang
v Aktivitas
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang
: Membedakan mahluk hidup dan tak hidup
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v
Berdiskusi tentang data : Membedakan
mahluk hidup dan tak hidup
yang sudah dikumpulkan / terangkum
dalam kegiatan sebelumnya.
v
Mengolah
informasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v
Pesertadidik mengerjakan beberapa soal
mengenai : Membedakan mahluk hidup dan tak hidup
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan
berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Membedakan mahluk
hidup dan tak hidup
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Membedakan mahluk hidup
dan tak hidup
v
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v
Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang : Membedakan mahluk hidup dan tak
hidup
v
Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v
Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
90
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung
diperiksa. Peserta didik yang
selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk
penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik
|
15
menit
|
3. Pertemuan Ke-3 ( 2 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya,Membedakan mahluk hidup dan tak hidup
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang
akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
Ø Apabila materi/tema/
projek ini kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:Mengelompakan
mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator,
dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
10
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan
untuk memusatkan perhatian pada topic Mengelompakan mahluk
hidup berdasarkan prinsip klasifikasidengan cara :
v
Melihat (tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto
tentang
Ø Peserta didik
diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun
mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar dibawah
v Mengamati
Ø Peserta didik
diminta mengamati gambar /foto yang
yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh
guru seperti gambar dibawah ini :
Ø Berdasarkan hasil
pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan
tentang hal-hal yangingin diketahui..
v
Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø
Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan Mengelompakan
mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi
v Mendengar
Ø Peserta didik
diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
Mengelompakan mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi
v
Menyimak,
Ø Peserta didik
diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global
tentang materi pelajaran mengenai :
Mengelompakan mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi
|
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang : Mengelompakan mahluk
hidup berdasarkan prinsip klasifikasi
yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa
yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø apa yang di
maksud dengan Mengelompokan mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi?
Ø Apa fungsi
Mengelompokan mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi?
|
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
Ø Peserta didik
diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang :
Mengelompokan mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi
v Membaca sumber lain selain buku
teks,
Ø Peserta didik
diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang :
Mengelompokan mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi
v Mempresentasikan ulang
v Aktivitas :
Ø Peserta didik
melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini
v Mendiskusikan
v Mengulang
v Saling tukar informasi tentang
: Mengelompokan mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v
Berdiskusi tentang data : Mengelompokan
mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi
yang sudah dikumpulkan / terangkum
dalam kegiatan sebelumnya.
v
Mengolah
informasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v
Pesertadidik mengerjakan beberapa soal
mengenai : Mengelompokan mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi
|
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Mengelompokan
mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta
didik.
|
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v
Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Mengelompokan mahluk
hidup berdasarkan prinsip klasifikasi
v
Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v
Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v
Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang : Mengelompokan mahluk hidup
berdasarkan prinsip klasifikasiMenjawab pertanyaan yang terdapat pada
buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v
Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v
Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
Peserta didik yang selesai
mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut
peringkat, untuk penilaian
projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik
|
10
menit
|
4. Pertemuan Ke-4 ( 3 x 40 menit )
|
Waktu
|
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan
berdoa untuk memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap
disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran
yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnyaMengelompokan mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang
akan dilakukan.
Motivasi
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
v
Apabila materi/tema/ projek ini
kerjakan dengan baik dan
sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:Mengelompokan
mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
- Memberitahukan materi
pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
- Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator,
dan KKM pada pertemuan yang
berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
15
menit
|
Kegiatan Inti
Sintak
Model
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
|
Peserta didik diberi motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic Mengelompokan mahluk
hidup berdasarkan prinsip klasifikasi dengan cara :
v Melihat
(tanpa atau dengan alat)/
Menayangkan gambar/foto
tentang
Ø
Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang
disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa
seperti gambar dibawah
v Mengamati
Ø
Peserta didik diminta mengamati
gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan
video yang disajikan oleh guru seperti gambar dibawah ini
Ø
Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta
untuk mendiskusikan tentang hal-hal yangingin diketahui..
v
Membaca (dilakukan di rumah sebelum
kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø Peserta didik
diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari
internet/materi yang berhubungan dengan : Mengelompokan mahluk hidup
berdasarkan prinsip klasifikasi
v Mendengar
Ø Peserta didik
diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan
kondisi : Mengelompokan mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi
v
Menyimak,
Ø
Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Mengelompokan mahluk hidup berdasarkan prinsip
klasifikasi
|
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
|
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan
dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan tentang :
yang tidak dipahami dari apa yang
diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa
yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang
bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu,
kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu
untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø Bagaimana cara
Mengelompokan mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi?
|
Data
collection
(pengumpulan
data)
|
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang
telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian,
v Wawancara dengan nara sumber
v Mengumpulkan informasi
Ø Peserta didik
diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang
Ø Besaran pokok
-
Pengertian besaran pokok
-
Macam-macam besaran pokok beserta satuanya
-
Pengukuran besaran turunan
v Membaca sumber lain selain buku
teks,
Ø Peserta didik
diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang:
Mengelompokan mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi
v Mempresentasikan ulang
v Aktivitas :
Ø Peserta didik
melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa seperti berikut ini
v Mendiskusikan
v Mengulang
v
Saling
tukar informasi tentang : Mengelompokan mahluk hidup
berdasarkan prinsip klasifikasi
dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan
menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik
atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan
sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan
berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai
cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang
hayat.
|
Data
processing
(pengolahan
Data)
|
Peserta
didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
v
Berdiskusi tentang data : Mengelompokan
mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi
yang sudah dikumpulkan / terangkum
dalam kegiatan sebelumnya.
v
Mengolah
informasi yang
sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil
dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal
mengenai : Mengelompokan mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi
|
Verification
(pembuktian)
|
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil
pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan
:
v
Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Mengelompokan mahluk hidup berdasarkan prinsip klasifikasi
v
antara
lain dengan :
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang
telah dikerjakan oleh peserta didik.
|
Generalizatio
(menarik
kesimpulan)
|
Peserta
didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v
Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok secara klasikal tentang : Mengelompokan mahluk hidup
berdasarkan prinsip klasifikasi
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v
Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi
kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang : Mengelompokan mahluk hidup
berdasarkan prinsip klasifikasi
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
60
menit
|
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam
pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku
jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli
lingkungan)
|
|
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting
yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung
diperiksa. Peserta didik yang
selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi
nomor urut peringkat, untuk
penilaian projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik
|
15
menit
|
E. Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik
Penilaian
a.
Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)
Tes
Tertulis
a)
Pilihan ganda
b)
Uraian/esai
2)
Tes
Lisan
© Tes lisan
pemaparan materi dari pemahaman siswa.
b.
Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)
Proyek, pengamatan, wawancara’
© Mempelajari
buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
© Menyimak
tayangan/demo tentang materi pokok
2)
Portofolio / unjuk kerja
3)
Produk,
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Pertemuan Pertama (Terlampir)
b.
Pertemuan Kedua (Terlampir)
c.
Pertemuan Ketiga (Terlampir)
d.
Pertemuan Keempat (Terlampir)
e.
Pertemuan Kelima (Terlampir)
3.
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial
v Remidial dapat
diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta
didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial
karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v Guru memberi
semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM
(Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
b.
Pengayaan
v Pengayaan
diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran
yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau
mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan dapat
ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas misalnya
F.
Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
Ø Media :
©
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
©
Lembar penilaian
©
Laboratorium
komputer sekolah atau warnet
©
Perpustakaan
sekolah
Ø
Alat/Bahan :
©
Penggaris,
spidol, papan tulis
©
Laptop
& infocus
©
Slde
presentasi (ppt)
Ø Sumber Belajar:
© Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
© Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2016. Buku Guru Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
0 Response to "RPP IPA KELAS VII KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP"
Post a Comment